3 Cara Perkuat Sinyal WiFi, Kamu Wajib Coba

Maret 18, 2021 By adminimei 0

Selama work from home (WFH) atau belajar online di rumah yang bergantung pada sinyal internet, terkadang mengalami beberapa gangguan.

Biasanya sinyal internet dari WiFi yang dipasang menurun atau bahkan hilang. Belum lagi jika ternyata sinyal WiFi yang dipasang tidak sampai ke ruang kerja/beajar kamu.

Berikut tiga cara yang dirangkum Tekno Liputan6 untuk memperkuat sinyal WiFi.

1. Gunakan WiFi Repeater

Penguat sinyal WiFi atau WiFi repeater kini telah banyak menjadi solusi bagi kamu yang memiliki jaringan WiFi rumahan. Fungsinya, memperkuat sinyal WiFi dari router yang jaraknya cukup jauh dari kamar kamu.

Dengan harapan sinyal WiFi terbagi seimbang, biasanya router disimpan di bagian ruang tengah atau ruang keluarga. Namun, kerap terkendala karena bisa jadi jarak kamar kamu terlalu jauh dari posisi router tersebut.

WiFi repeater telah banyak dipasaran. Dengan harga berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu kamu bisa memilikinya. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu cukup menyambungkan koneksi router utama ke WiFi repeater dengan menekan tombol WPS.

Bagi beberapa merek WiFi repeater, ada yang cukup menyambungkan koneksi dengan bantuan aplikasi melalui smartphone kamu.

Atur Jarak Router dengan Barang Elektronik

Daya cakupan sinyal WiFi tentunya terbatas dan bisa ‘berebut’ dengan sinyal lainnya. Salah satu caranya agar sinyal WiFi dapat stabil adalah dengan mengatur jarak router dari barang elektronik lainnya yang juga memancarkan sinyal.

Bahkan, selain dari barang yang memancarkan sinyal, menurut beberapa sumber, microwave dapat menjadi pengganggu kekuatan sinyal WiFi.

Router biasanya disimpan di meja tersendiri atau digantung di dinding agar daya tangkap dan pemancaran sinyalnya lebih baik. Tidak ada salahnya kamu untuk mencoba dan merasakan perbedaan sinyalnya.

 

Gunakan Aplikasi

Banyak aplikasi smartphone yang disebut bisa memperkuat tangkapan sinyal WiFi. Bagi pengguna smartphone Android, salah satunya ada WiFi Manager.

Aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu dalam mendeteksi sumber WiFi terbaik sekaligus mengatur penggunaan internet di smartphone kamu.

Kamu juga dapat mengelola jaringan WiFi dan meningkatkan koneksi dengan kanal grafis.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan sinyal WiFi yang tersambung di smartphone kamu.

Selain WiFi Manager, masih banyak aplikasi lainnya yang gratis di platform toko aplikasi di smartphone kamu.

Ketiga cara tadi bisa kamu coba untuk mendukung pekerjaan yang bergantung dengan koneksi WiFi.

Kamu juga perlu secara berkala mengecek penggunaan melalui platform yang disediakan oleh penyedia layanan WiFi kamu. Tentunya, saran yang diberikan oleh penyedia layanan akan lebih bermanfaat.